Kajian – Akademi Pra-Nikah (APN) Surabaya

Alhamdulillah..
Bersyukur rasanya dengan apa-apa yang telah saya dapatkan dari kajian Akademi Pra-Nikah (APN) Surabaya ini. Dimulai dari suasana belajar yang Islami, pembawa materi yang berpengalaman di bidangnya, terbukanya komunikasi dua arah antara Maha-santri dan pemberi materi, serta sarana belajar yang memadai; tidak lupa juga, ruangan-nya ber-AC 🙂

Masjid Baiturrozaq SIER Surabaya
Masjid Baiturrozaq SIER Surabaya * Foto oleh Anggit Hermanuadi

APN yang saya hadiri ini mengambil tempat di dalam Masjid Baiturrozaq Komplek SIER, berlokasi di Jalan Rungkut Industri IV Surabaya (Google Maps).

Kebetulan saya menjadi maha santri untuk APN gelombang kelas ketiga, atau bisa dikatakan sebagai APN Batch #3. Yang dilangsungkan sejak tanggal 2 November 2014 sampai dengan 7 Desember 2014, setiap Ahad; pukul 9.30 sampai 17.00.

Apa itu APN?
Sebuah kelas pernikahan; yang isinya membahas dan mengkaji mengenai pembekalan PSIKOLOGIS dan SPIRITUAL menuju pernikahan ISLAMI yang akan membawa kita pada pintu KESELAMATAN dan membentuk generasi penerus Islam TERUNGGUL.

Materi yang ditawarkan cukup berbobot, berjumlah 6 buah, dimana setiap materi disajikan dalam waktu satu hari, terbagi menjadi 3 sesi yang di mana masing-masing sesi berdurasi sekitar kurang lebih 120 menit. Adapun materi yang diberikan adalah sebagai berikut,APN #3

I. Fiqih Pernikahan ISLAM & Etika Pranikah.
II. Proses Pernikahan & Manajemen Keuangan.
III. Manajemen Rumah Tangga dalam Islam.
IV. Parenting (pola asuh anak).
V. Penyelesaian Masalah dalam Pernikahan.
VI. Kesehatan Pra-Nikah dan Selama Pernikahan.

Pada akhir tiap sesi selalu ada komunikasi dua arah, yakni tanya jawab yang Alhamdulillah… selalu membuat tanda tanya di kepala ini menjadi sirna dan bertambahnya wawasan ilmu.


Sesuai dengan urutan materi yang telah ditulis di atas, untuk pemberi materi-nya sendiri terdapat enam orang yang pakar di bidangnya, yakni,

  • Ust. Bangun Samudra
    Beliau adalah seorang muallaf dari Nasrani yang sebelumnya telah mengenyam pendidikan S3 di bidang Theology, di Vatican. Beliau juga memiliki karakteristik penyampaian yang unik dan kerap kali menekankan bahwa apa yang beliau sampaikan selalu berdasar kepada Al-Quran, As-Sunnah & Al-Hadits. Bahasa yang digunakan juga terkesan jenaka bagi saya yang mendengarkan, serta mudah untuk dicerna. Kebetulan beliau pada saat mengkaji kala itu sedang melaksanakan puasa, sehingga agak susah untuk menjelaskan tentang hal yang berbau agak dewasa.
  • Ust. Muhammad Reza Adrianto
    Memiliki nama panggilan “Reza”, beliau adalah murid dari Ust. Arifin Ilham. Dalam kajian APN ini, beliau sengaja datang dari jauh (Jawa Barat) untuk berbagi ilmu serta kisah pribadi seputar kehidupan pribadi dan pernikahan beliau. Beliau telah beristrikan seorang janda beranak 3, dimana anaknya perempuan semua. Sisi menarik yang saya tangkap dari beliau adalah seputar kisah pribadi serta kisah bahtera rumah tangganya yang sarat dengan teladan kehidupan. Oh iya, baru-baru ini beliau telah dikaruniai seorang anak lelaki dari hasil pernikahannya ini. 🙂
  • dr. Hafid Algristian
    Dokter muda yang kerap memiliki jadwal rutin untuk mengisi kolom seputar Psikologi di stasiun radio SuaraSurabaya 100fm serta stasiun televisi TVRI ini, memiliki ciri khas penyampaian materi yang cepat tapi dengan bahasa yang mudah dicerna. Di dalam kajian APN ini, beliau kerap sekali bercerita mengenai hubungan LDR (Long Distance Relationship) yang sedang dijalani dengan istrinya saat ini karena amanah pekerjaan yang di emban. Yang tentu saja, cukup unik, lucu, serta menyenangkan untuk dijadikan studi kasus pada saat kajian APN berlangsung.
  • DR. H. Achmad Zuhdi DH – M.Fil.I
    Beliau adalah seorang Sejarawan Islam dan juga salah satu staff pengajar di UIN Sunan Ampel – Surabaya, atau kerap kali disingkat dengan UINSA. Kebetulan topik yang dibahas adalah seputar Pola Asuh Anak. Dalam kajiannya, beliau kerap sekali memberikan anaknya sendiri sebagai contoh studi kasus. Alhamdulillah, banyak sekali kisah-kisah beliau yang dapat diteladani. Beliau nampak bahagia sekali sewaktu menjelaskan tentang masing-masing anaknya. Cara penyampaian beliau yang kalem juga membantu.
  • Ust. M. Maliki
    Berasal dari Riau, seorang perantauan yang menikahi seorang Muslimah dari Jombang, Jawa Timur dan saat ini telah dikaruniai 2 orang anak kembar yang masih lucu-lucunya. Menetap di Malang dan juga berprofesi sebagai Public Speaking Trainer di beberapa instansi swasta, negara maupun umum. Dan tak lupa juga, beliau sedang mendalami tentang Bisnis Properti Syariah. Cara penyampaian beliau yang terkesan “berapi-api” membuat apa yang dikaji begitu tertancap kedalam sanubari. Beliau kerap menyampaikan segala sesuatu yang sebelumnya telah beliau alami sendiri, secara personal. Banyak contoh, teladan, serta hikmah yang bisa diambil dari apa yang beliau sampaikan.
  • Ruli Ratnawati – S.SiT. MM
    Praktisi dalam dunia kesehatan, khususnya Kebidanan. Dalam kajian APN ini beliau dengan fasih membahas tentang hal Gizi serta Kesehatan dalam kehidupan pernikahan. Tak lupa juga dibahas mengenai pentingnya imunisasi dan vaksinasi untuk anak. Serta mengidentifikasi tentang “isu” bahwa imunisasi dan vaksinasi adalah haram, yang ternyata adalah omong kosong belaka. Sangat banyak ilmu serta wawasan yang bisa dipetik dari apa yang telah beliau sampaikan, terutama dari sisi medis. Ada pesan penting dari beliau yang selalu teringat pada benak saya, “Apa yang anda ucapkan itu akan berbalik kepada anda sendiri.. berhati-hatilah terhadap ini (menunjuk pada bibir & lidah)”.

Banyak sekali yang bisa dipetik, dan saya secara personal merasa tidak rugi untuk mengikuti kelas pernikahan yang ada pada APN ini.


Kebetulan pada setiap kajian yang saya hadiri, saya selalu membekali diri dengan alat perekam atau Handy Recorder, untuk merekam kajian yang akan saya dengarkan.

Niat saya sebenarnya hanyalah untuk arsip pribadi dan untuk diberikan atau pun disebarluaskan kepada orang yang menurut saya membutuhkan ilmu, hikmah, atau wawasan yang bisa dipetik dari rekaman kajian tersebut.

Nah, berita baiknya, untuk kajian APN Batch #3 ini, telah saya rekam seluruh kajian yang disampaikan serta hasil rekamannya bisa anda nikmati juga.

Tentunya, izin dari panitia APN sudah saya kantongi terlebih dahulu. 😀

Pihak panitia ternyata juga mendukung penuh atas disebarnya ilmu, hikmah, atau wawasan yang terkandung dalam rekaman kajian ini. Alhamdulillah…

Meskipun proses editing dan optimasi untuk rekaman audio MP3 dari kajian APN ini membutuhkan waktu yang cukup lama (sekitar 2 minggu), Alhamdulillah… dengan niat baik serta ridha Allah, akhirnya selesai juga. Untuk media penyimpanan rekaman kajian ini, saya menggunakan layanan Cloud gratis dari Google Drive.


Berikut adalah link download yang bisa anda gunakan untuk mendownload kajian-kajian APN BAtch #3 yang telah direkam,

  • Link A (Mono – Low Quality)
    Cocok untuk didengarkan melalui HP, gadget maupun smartphone yang memiliki speaker yang berkualitas suara kurang begitu baik. Serta rekaman dalam link ini telah di optimalkan untuk disebarluaskan via aplikasi instant messaging WhatsApp untuk keperluan da’wah. Rekaman dalam link ini memiliki ukuran file yang kecil, yakni sekitar 10 MB – 15 MB.
  • Link B (Mono – Normal Quality)
    Cocok untuk didengarkan melalui PC / Laptop, HP, gadget maupun smartphone yang memiliki speaker yang berkualitas suara baik. Rekaman dalam link ini memerlukan kapasitas penyimpanan yang agak besar.
  • Link C (Stereo – High Quality)
    Cocok untuk didengarkan melalui PC / Laptop, HP, gadget maupun smartphone yang memiliki speaker yang berkualitas suara sangat baik. Direkomendasikan untuk mendengarkan rekaman kajian ini menggunakan headphone / earphone untuk mendapatkan efek Surround. Rekaman dalam link ini memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar.
  • Link D (Materi Kajian)
    Berisikan materi-materi yang digunakan dalam kajian APN serta beberapa foto tentang pembawa materinya.

Semoga rekaman audio dari kajian APN Batch #3 ini bermanfaat lagi berkah untuk anda dan terlebih untuk saya. Terima kasih saya ucapkan karena telah menyempatkan waktu untuk menikmati serta memberikan perhatian untuk tulisan saya ini.

Tidak lupa juga saya sampaikan, untuk rekaman audio di atas, saya menerima saran dan kritik maupun pertanyaan anda dengan terbuka dan hangat. Kirimkan saja ke alamat email saya di to[dot]bayhaqi[at]gmail[dot]com

Salam hangat,
Haqi


DISCLAIMER

These audio recordings are intended FOR DA’WAH PURPOSE ONLY and NOT FOR SALE. Recorded using ZOOM H1 Handy Recorder, from 2 November to 7 December 2014, by Haqi (Ahmad Bayhaqi) | http://bit.ly/catatlah .

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved to the respective owner(s).


Advertisements

3 thoughts on “Kajian – Akademi Pra-Nikah (APN) Surabaya

  1. Link D (materi kajian) kok tidak bisa dibuka ya? afwan, saya mau ngopy buat tambahan ide tugas akhir apn..berhubung belum dikirimin materinya ma panitia.
    Syukron
    😀

    Like

    1. Tidak bisa dibukanya karena apa yah?
      1. Ada pesan error? kalau ada, apa tulisannya?
      2. Lalu dibuka via apa? Smartphone atau laptop/pc?

      Lalu, materi untuk minggu keberapa yang diinginkan?
      karena tidak semua materi nya tersedia, dikarenakan sang pemateri belum kunjung mengirimkan hasil materi revisi mereka yang terbaru.. afwan 😀

      Saya coba barusan bisa kok 🙂
      Screen Capture Study Materials

      Like

  2. Ooo iya ,sudah bisa. Kemarin sayanya buka lewat dua-duanya sih, tapi ya itu , sama sekali gak respon :(.
    Iya ya, beberapa memang tidak ada materinya (empty folder),tapi alhamdulillah saya sedikit terbantu dari materi yg bisa diakses baik yang audio ataupun yg slide.

    Syukron sharingnya. Semoga barakah ilmunya dan bisa segera diterapkan. Aaminn
    🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s